Read This

5 Tips Membeli Rumah Bagi Keluarga Muda


Membeli rumah merupakan suatu tantangan tidak peduli anda masih lajang atau sudah memiliki pasangan. Saking sulit dan rumitnya untuk membeli rumah, bahkan hampir disamakan dengan memilih pasangan hidup. Memang tidak aneh. Karena rumah merupakan kebutuhan pokok dan utama sehingga untuk memilihnya pun tidak bisa sembarangan.
Lihat disini: Perumahan Cibubur

Agar anda tidak salah pilih yang nantinya malah membuat anda menyesal, di sini ada 5 tips memilih rumah bagi keluarga mudah yang patut anda cermati. Apa saja? Simak di uraiannya bawah ini.

1. Menetapkan budget terlebih dahulu
Ada baiknya anda tetap budgetnya terlebih dahulu sebelum pusing mencari rumah yang anda inginkan. Pada umumnya, untuk pembelian rumah, ada alokasi cicilan yang besarnya kurang lebih 30 %, Nah, dari adanya ketentuan itu, maka anda bisa menghitung, berapa banyak uang cicilan yang bisa anda bayarkan tiap bulannya.

2. Survei lapangan
Ketika anda sedang memilih-milih rumah idaman, maka anda jangan segan untuk keliling mengumpulkan brosur-brosur tentang perumahan. Dengan begitu, anda akan mendapatkan banyak informasi yang tentunya bermanfaat. Sehingga anda bisa melanjutkan strategi lainnya yakni survei. Saat anda sudah melakukan survei, maka anda bisa langsung mengunjungi satu-satu dari daftar rumah yang sedang menjadi incaran anda. 

3. Paham akan legalitas
Hal ini penting, saat anda akan memilih rumah. Pastikan anda benar-benar paham akan SHM dan SHGB. Bila SHM adalah sertifikat kepemilikan rumah penuh di atas suatu lahan, sedang SHGB adalah sertifikat izin untuk mendirikan bangunan dalam kurun waktu tertentu. Keduanya ini tentu menjadi hal yang wajib dimiliki ketika membeli rumah.

4. Lokasi perlu dipertimbangkan
Saat mencari rumah, pemilihan lokasi memang harus menjadi bahan pertimbangan. Dari lokasi itu, meliputi jarak dengan tempat anda bekerja, adanya akses transportasi yang mudah, misalnya stasiun KRL, transjakarta, dan moda transportasi lainnya, akses jalan utama, serta apakah lokasi tersebut rawan banjir atau tidak.  Hal ini dapat anda temukan di Asana Residence, perumahan di Cibubur yang memiliki lokasi strategis.

5. Mengetahui reputasi dari pengembang
Saat anda yang sedang berusaha mencari-cari rumah idaman, tentunya anda juga harus membutuhkan pengembang yang menawarkan rumah-rumahnya. Oleh karena itu, hal ini juga sangat penting untuk mengetahui bagaimana reputasi dari pengembang tersebut. Agar anda bisa terhindar dari pengembang-pengembang nakal, maka anda harus mengecek seperti apa reputasi dari pengembang tersebut. 

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

Recent Post